fbpx
PT Kualita Media Tama – Jual Meja Kursi Sekolah
031-8272282 0813-3411-0909 kualitamediatama@gmail.com

( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0

BRANDING YOUR SCHOOL (Tips Membangun Brand Sekolah)

Monday, September 2nd 2019.
Share Button

 

 

Pencitraan Sekolah atau School Branding merupakan sebuah upaya pengelola sekolah dalam membangun perbedaan kuat sekolah tersebut dengan sekolah lainnya. Sekolah yang berhasil membangun branding-nya dengan baik akan lebih mudah mendapatkan perhatian masyarakat. Branding sekolah sebaiknya tidak hanya sebatas pencitraan permukaan sekolah saja, tapi juga sampai ke dalam sistem sekolah. Sistem sekolah yang bagus menjadi penopang kuat berlangsungnya sekolah yang sukses, sedangkan tampilan visual sekolah yang akan memikat masyarakat pertama kali.

Pencitraan sekolah melalu visual sekolah dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

 

1. LOGO SEKOLAH

Logo yang kekinian dan eye catching adalah logo yang disukai oleh generasi milenial. Logo seperti itu akan lebih mudah menarik minat calon siswa untuk memilih sekolah Anda, atau bahkan menarik minat para orangtua muda untuk memasukkan anak-anaknya ke sekolah yang Anda kelola. Logo kekinian lebih simple daripada logo zaman baby boomers sehingga akan lebih mudah diaplikasikan pada berbagai macam media. Logo seperti ini juga lebih mudah diingat. Pilihlah warna logo yang cocok menggambarkan visi dan misi sekolah Anda. Berikut ini beberapa contoh logo sekolah yang milenial sekali.

2. TUJUAN SEKOLAH

Pastikan semua sumberdaya di dalam sekolah menuju satu tujuan yang sama. Kepala sekolah, guru, karyawan, orangtua dan murid fokus pada tujuan yang telah disepakati. Tujuan tersebut haruslah sesuai dengan jenjang pendidikan sekolah. Tujuan tersebut juga haruslah dapat menjadi solusi dari kebutuhan dan permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat sehingga masyarakat akan membutuhkan sekolah Anda.

 

3. CIRI KHAS DAN NAMA BRAND SEKOLAH

Sekolah dapat mengusahakan nilai-nilai atau skill yang akan menjadi pembeda sekolah tersebut dengan sekolah lainnya. Jika mengambil semua nilai yang menjadi tujuan sekolah pada umumnya, lalu menonjolkannya semuanya, maka itu akan terasa berat bagi sekolah untuk mewujudkannya. Sebaiknya cukup memilih satu nilai atau skill, yang kemudian dapat diusahakan dengan baik dalam mewujudkannya. Misalnya nilai KREATIF menjadi ciri khas sebuah sekolah, maka output muridnya juga harus menonjolkan nilai kreatif.

 

 

Kalimat yang popular dan mudah dipahami tapi belum banyak digunakan cocok menjadi brand sekolah. Nama brand sekolah harus mencerminkan lulusan dan budaya sekolah agar masyarakat dapat mengenali sekolah bahkan hanya dengan mendengar brand sekolahnya saja. Contoh-contoh kalimat untuk brand sekolah seperti Sekolah Alam, Sekolah Akhlak, Sekolah Tangguh, Sekolah Kreatif, Sekolah Milenial dan lain-lain. Usahakan brand sekolah tidak terlalu panjang agar mudah diingat.

 

4. TIM PERANCANG IMPLEMENTASI BRAND SEKOLAH

 

Sebuah nama brand sekolah tidak berhenti hanya di sebuah kalimat atau slogan saja tapi juga perlu direalisasikan dalam bentuk program dan semua pernik visual sekolah. Misal brand sekolah adalah Sekolah Hijau, maka visual sekolah mulai dari logo, seragam, cover buku tulis, kalender, mebeller tidak jauh dari kata “Hijau” dan nuansa asri. Sekolah juga perlu mengadakan kegiatan yang terkait dengan penghijauan, misal setiap hari ada jadwal perawatan tanaman di sekolah yang dilakukan oleh murid-murid agar jiwa penghijauan juga tertanam di semua masyarakat sekolah.

 

5. KAMPANYEKAN SEKOLAH MELALUI SOSIAL MEDIA

Dokumentasi setiap kegiatan sekolah, gali keunikan sekolah, lalu publikasikan sekolah Anda dengan postingan dan konten yang menarik namun tetap dalam etika pendidikan yang santun dan mengedukasi. Sekolah Anda dapat memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram, Youtube, Podcast, dan juga web. Pengelola sekolah juga dapat mengajak murid-muridnya ikut berkreasi mengisi konten sekolah. Dengan begitu semua pihak di dalam sekolah dapat berlomba saling membanggakan sekolahnya sendiri.

 

 

Kami sangat memahami bahwa untuk mewujudkan branding sekolah yang baik membutuhkan tim kreatif yang mampu mengkomunikasikan dan memvisualisasikan brand sekolah dengan baik ke publik. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membuat PRODUK CETAK sekolah Anda yang sesuai dengan brand sekolah, PT Kualita Media Tama siap melayani kebutuhan Anda.

Kunjungi sosial media kami di Facebook, Instagram dan Youtube.

Share Button

Produk terbaru

Temukan Kami di

031-8272282
0813-3411-0909
kualitamediatama@gmail.com